Keamanan

Assalamu_’Alaikum.Wr.Wb…

Teman” sekalian, entah apa yang ingin saya tulis dari judul di atas (Keamanan). Mungkin kita lebih spesifikasikan lagi ya judulx, “Tips mengamankan password account untuk para newbie”.

Seringkali kali kita menganggap remeh sebuah password, kita menganggap bahwa toh kita bukan siapa, apa untungnya bagi “black hacker” mencuri password kita???, demikian ungkapan teman” saya menanggapi hal pencurian password.

Padahal, sebuah password sangatlah penting kita jaga, kenapa tidak???, karena sebuah account adalah salah satu privasi yg harus kita jaga. Sama saja privasi kita dinjak” jika  account kita diretas/dihack (sekalipun kita orang biasa), terlebih jika kita mempunyai rekening online yang isi rekening tersebut bisa saja $1000.~_~

Berikut tips mengamankan password account kita :

1. Buatlah password berupa kumpulan dari angka, huruf, dan karakter (yang agak panjang)., sebagai contoh: %$#agus17tus45@*&. Dan jangan pernah membuat password yang agak pendek berupa kumpulan huruf saja atau angka saja, sebagai contoh: qwerty dan 17081945.

2. Pakailah program Internet Security yang bisa membantu untuk mengamankan komputer kita. Seringkali kita sudah merasa puas jika komputer kita sudah dipasangkan AntiVirus, Hallo teman”….Jangan lupa, sekarang komputer anda sudah tersambung ke seluruh dunia. Apakah anda sudah cukup yakin dengan AntiVirus (saja) yang anda pasang di komputer???, saran saya pasanglah Program Internet Security. Ada yang bertanya di belakang, Programnya appppa dem???, Saran Saya (tanpa bermaksud promosi) gunakan Kaspersky Internet Security atau Eset Smart Security.

3. Cerdaslah dalam menggunakan Bowser pilihan anda, saya beri sedikit untuk mengamankan username&password agar tak tersimpan di history browser yang anda pakai (terlebih jika di komputer warnet). Saya beri tips pada tiga browser saja ya (yang banyak orang gunakan); Internet Explorer, Mozilla FireFox, dan Google Chrome.

a. Internet Explorer 8 (Ketika Tulisan Ini dibuat):

Klik pada bagian “Safety” yang ada di bagian hampir kanan atas, lalu pilih “Inprivate Browsing”.

1

JIka sudah dipilih “Inprivate Browsing”, maka akan terbuka jendela baru dengan Tanda “InPrivate”.

2 

 

b. Mozilla FireFox 3.6 (ketika tulisan ini dibuat):

KLik pada menu “Tool” dan Pilih “Start Private Browsing”.

3

JIka sudah dipilih “Start Private Browsing”, maka akan terbuka jendela dengan Tanda “(Private Browsing)”.

4

 

c. Google Chrome :

KLik pada menu yang bergambar “Kunci” dan Pilih “New Incognito window”.

5

JIka sudah dipilih “New Incognito window”, maka akan terbuka jendela dengan Gambar “Spy”.

6

4. Dan saran terpenting dan terkesan Bodoh adalah jangan beritahu siapapun menyangkut username dan password anda.^_^.

Demikian saya kira, tulisan yang berkenaan dengan berinternet cerdas bagi para newbie. Jika ada masukkan yang membangun --- menyangkut tulisan di atas, kiranya teman” bisa berkomentar di web_log (blog) ini. Semoga bermanfaat…^_^

Wassalamu_’Alaikum.Wr.Wb…

0 komentar: