Dunia Maya (Internet)

internet-concept

 

Dunia maya (Internet) sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pergeseran budaya pun terjadi karenanya, sosialisasi secara konvensional pun terbelakangkan olehnya. Yupzzz...Itulah Dunia Maya (Internet) ditinjau dari segi negatifnya.

Namun, kita tidak bisa melihat sesuatu dari satu sudut pandang saja. Banyak aktifitas positif di dalamnya, mulai dari sebuah da’wah (seperti http://fikr.com/) sampai bisnis yang berbasis syariah (seperti http://www.esyariah.com/). Begitulah Dunia Maya (Internet).

Kalau kita lihat, seakan” manusia punya dua dunia; dunia maya (online) dan dunia fana (offline). Tidak jarang saya temukan orang yang baik di dunia fana (offline) namun kurang baik di dunia maya (online). Seakan” orang seperti itu menganggap keburukkannya sulit terlacak di dunia maya. Padahal, tidak demikian dengan kenyataannya.

Pengalaman pribadi saya (dalam keburukkan), saya pernah mengulas sebuah software dengan cracknya di website ini dan dapat teguran dari orang berdasi dengan HAKI. Saya tidak bisa melawan dikarenakan website saya belum terpampang DISCLAIMER/TERM CONDITION di dalamnya. Oleh karena itu, DISCLAIMER pun sudah saya “pasang” lebar-lebar di website ini.

Banyak hal di dunia offline berintegrasi dengan dunia online, seakan” sekarang ini, sebuah organisasi, perusahaan, yayasan, dll kurang prestisius jika belum mempunyai website.

Banyak juga kegiatan offline pun di online kan seperti:

1. Kampus Online (contoh: http://kampussyariah.com/, http://www.kampus-online.com/, dan http://www.asianbrain.com/)

2. Bisnis Online (contoh: http://maxidana.com/, http://modalekstra.com/, dan http://tabunganekstra.com/)

3. Da’wah Online (contoh: http://www.nu.or.id/, http://www.syariahonline.com/, dan http://www.pesantrenvirtual.com/)

4. Sosialisasi Online (contoh: http://www.facebook.com/, http://twitter.com/, dan http://friendster.com/)

5. Curhat Online (contoh: http://www.curhat.com/ dan http://www.ruangcurhat.com/)

6. TV Online (contoh: http://mivo.tv/ dan http://www.binus-access.com/), dsb.

Kejahatan pun banyak terjadi di dunia online, seperti pembobolan rekening online yang sering terjadi (saya juga pernah jadi korban loh....T_T). Oleh karena itu banyak praktisi keamanan mengkomersilkan perangkat lunak keamanan , di mana keamanan itu sendiri mutlak menjadi milik siapapun, kapanpun, dan di manapun.

Tulisan ini hanya sekadar ingin menyambut para newbie di dunia maya, saya ucapkan “Selamat Datang di Dunia Maya”; dunia parallel kalian.^_^

0 komentar: